6 Alasan Freeport Memilih Gresik Sebagai Tempat Dibangunnya Smelter Emas Senilai 30 Triliun

6 Alasan Freeport Memilih Gresik Sebagai Tempat Dibangunnya Smelter Emas Senilai 30 Triliun - Dengan berbagai pertimbangan matang dari segi teknis maupun bisnis. Pembangunan smelter emas freeport ini menindak lanjuti keputusan presiden joko widodo yang mengharuskan PT. Freeport untuk membangun smelter di indonesia. Keputusan ini dinilai pemerintah khusus nya jokowi dapat memberikan dampak positif pada rakyat indonesia pada umumnya.



Namun ditengah berita yang beredar dampak negatif itu tertuju pada wilayah gresik kota khusus nya yang terang - terangan di media sosial menolak di bangun nya smelter emas freeport gresik . menilai secara bijak memang wajar saja warga gresik atau masyarakat gresik menolak keputusan ini.

"Kenapa tidak daerah lain saja??? Asape wes ngebul ngene loh... !!!"
ada yang mengatakan seperti itu di sebuah media sosial online..

Berikut alasan mengapa freeport memilih gresik :

1. Gresik sangat dekat dengan akses jalur laut, dan dalam hal ini pelabuhan teluk lamong sebagai pelabuhan yang di gadang - gadangkan akan digunakan sebagai akses utama seluruh proses bongkar muat kapal - kapal dari area luar pulau jawa menjadikan alasan utama freeport

2. Akses ke ibukota provinsi atau bandara internasional sangat dekat

3. Lahan industri di gresik masih luas, dan biaya nya mungkin di nilai masih terbilang di bawah. mengingat kawasan manyar dan sekitar nya hanya memerlukan penimbunan tambak - tambak saja apabila ingin membangun suatu pabrik, pergudangan, atau tempat industri.

4. Segala jenis perusahaan pendukung banyak terdapat di gresik, ini memudahkan freeport mengolah limbah buangan mereka atau kerjasama lain nya untuk proses kesuksesan berjalannya smelter emas freeport gresik.


5. Mudahnya pengrekrutan karyawan dari berbagai jenis keahlian yang di butuhkan

6. Minimnya upah kerja untuk area kabupaten gresik


Di balik tujuan di bangunnya smelter freeport gresik, tentu ada dampak negatif dan positif nya. Masyarakat memang menilai dari dampak negatif nya, mengingat kota gresik sudah sangat tinggi tingkat polusinya dan tentunya smelter ini dikabarkan dapat menghasilkan B3 atau Bahan Beracun Berbahaya. Mungkin pemerintah atau berbagai pihak terkait dapat memberikan solusi yang positif untuk pembangunan smelter emas freeport gresik ini. Misalnya smelter di bangun tetap di wilayah gresik, tetapi jauh dari pemukiman penduduk atau warga.


Solusi terbaik yang dibutuhkan saat ini sehingga masyarakat dapat menerima dibangunnya smelter freeport gresik, mudah - mudahan solusi tersebut dapat membuat gresik tetap asri. 
RELATED POSTS